mobil mewah pajak pemerintah otomotif
GAYA HIDUP MOBIL NASIONAL PEMERINTAH

Marak Mobil Mewah Beridentitas Palsu

Kepolisian Daerah Metro Jaya akan melakukan pemblokiran surat-surat kendaraan mewah penunggak pajak yang menggunakan kartu identitas palsu. Terungkapnya mobil mewah berdokumen palsu tersebut ketika petugas menagih tunggakan pajak ke alamat yang tercantum pada surat kendaraan yang ternyata bukan pemilik asli.

Kepala Subdirektorat Registrasi dan Identifikasi Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Ajun Komisaris Besar Sumardji mengatakan, selama ini tidak ada keharusan untuk memastikan kecocokan identitas dan alamat pemilik kendaraan ketika masyarakat mendaftarkan balik nama dan pajak.

Badan Pajak mencatat setidaknya terdadpat 5 kendaraan mewah yang pemiliknya menggunakan kartu identitas orang lain ketika menagih tunggakan pajak dari pintu ke pintu baru-baru ini. Karena banyaknya kasus peminjaman identitas untuk pembelian kendaraan mewah tersebut, Sumarji menyatakan bahwa kepolisian berencana untuk membantu Badan Pajak.

Polisi akan memastikan dengan mendatangi rumah orang yang tercatat sebagai pemilik kendaraan penunggak pajak. berdasarkan alamat pada fotokopi kartu identitas yang dilampirkan saat pendaftaran kendaraan. Jika pemilik kartu identitas terbukti bukan pemilik kendaraan tersebut, kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) akan memblokir surat-surat pembayaran pajak secara otomatis.

Pemblokiran terebut, kata Sumardji, otomatis akan membuat pemilik kendaraan tidak bisa mengurus pajak dan memperpanjang surat-surat kendaraannya.

Sumardji kemudian mengimbau masyarakat agar tidak sembarangan meminjamkan kartu identitasnya kepada orang lain. Dia juga mempersilakan kepada pemilik kartu identitas asli yang dirugikan untuk melaporkannya ke pihak kepolisian. Sedangkan peminjam kartu bisa dikenai pidana penyalahgunaan identitas bila pemilik identitas asli merasa dirugikan dan melapor ke polisi.

Sumber : Tempo.co