ac mobil tips otomotif
GAYA HIDUP MOBIL TEKNOLOGI

Tips Mudah Ketahui Habisnya Freon AC Mobil

Hingga kini, pemilik mobil memiliki anggapan bahwa freon yang habis menjadi penyebab utama AC tidak dingin. Padahal, cairan tersebut tidak mungkin habis.

Melansir laman resmi Hyundai Indonesia dalam Liputan6.com, freon sendiri berfungsi sebagai cairan utama pada sistem AC yang dapat mengubah gas melalui evaporator.

Umur freon AC mobil bervariasi tergantung pemakaian. Tidak ada waktu pasti berapa jangka waktu umur freon AC mobil, dan semuanya tergantung penggunaan. Namun, biasanya freon AC mobil ini bisa bertahan hingga bertahun-tahun. Lalu bagaimana cara agar pemilik mobil tahu saat freon AC sudah habis?

Sebenarnya freon tidak bakal habis jika tidak terjadi kebocoran pada sistem AC mobil. Penyebab habisnya freon AC itu adalah adanya kebocoran pada sistem AC itu sendiri.

Biasanya, karena faktor umur. Karena di dalam sistem AC itu ada beberapa komponen yang berkaitan satu sama lain di antaranya kompressor, kondesor, receiver drier, dan evaporator.

Biasanya juga disebabkan karena adanya kebocoran atau kerenggangan pada karet seal di sambungan selang dan pipa sehingga menyebabkan freon bocor. Bisa juga akibat adanya lubang pada selang maupun pipa.

Solusi yang dapat Anda lakukan adalah dengan mencari penyebab kebocoran, menambalnya, lalu mengisi ulang freon AC mobil.

Bisa juga melihat dari saat menghidupkan AC mobil, biasanya kompresor yang terdapat pada AC mobil akan berputar dan bergerak. Namun, bila kompresor AC mobil tidak bergerak maka kemungkinan freon AC mobil sudah habis.

Untuk diketahui, cara paling ampuh agar AC mobil tetap dingin dan tidak perlu menambah freon, adalah dengan melakukan servis rutin AC mobil setiap satu tahun sekali. Selain menjaga AC mobil tetap optimal, hal ini juga bisa membantu mengetahui jika terjadi kebocoran dengan lebih cepat.

Sumber : Otosia